APA TANGGUNG JAWAB SEORANG GURU
Perkembangan baru terhadap pandangan
belajar-mengajar membawa konsekuensi kepada guru untuk meningkatkan peranan dan
kompetisinya karena proses belajar-menajar dan hasil belajar siswa sebagian
besar ditentukan oleh peranan dan kompetisi guru. Guru yang kompeten akan
lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan akan lebih
mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat
optimal Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan itu
dapat dicapai melalui Beberapa tanggung jawab seperti dibawah ini :
Tanggung jawab
seorang guru hendaknya mampu dan terampil dalm merumuskan tujuan pembelajaran,
memahami kurikulum, dan dia sendiri sebagai sumber belajar terampil dalam
memberikan informasi kepada kelas. sebagai pengajar ia pun harus membantu
perkembagan anak didik untuk dapat menerima, memahami, serta menguasai ilmu
pengetahuan. Untuk itu hendaknya guru mampu memotivasi siswa untuk
senantiasa belajar dalam berbagai kesempatan. Akhirnya seorang guru akan dapat
memainkan peranannya sebagai pengajar dengan baik bila ia menguasai dan
mampu melaksanakan keterampilan-ketarampilan mengajar.
Tanggung jawab sebagi pengelolaan kelas yaitu
menyediakan dan menggunakan fasilitas kelas untuk bermacam-macam kegiatan
belajar dan mengajar agar mencapai hasil yang baik. Sedangkan tujuan khususnya
adalah mengembangkan kemampuan siswa dalam menggunakan alat-alat alat
belajar, menyediakan kondisi-kondisi yang memungkinkan siswa bekerja dan
belajar, serta membantu siswa untuk memperoleh hasil yang diharapkan.
Tanggung jawab sebagai
manajer yang penting bagi guru ialah membimbing
pengalaman-pengalaman siswa sehari-hari ke arah agar siswa sedikit demi
sedikit tidak bergantung pada guru dalam melaksanakan tugasnya, yang berarti
menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa terhadap tugasnya dengan penuh kesadaran
yang tinggi, siswa harus dapat mengatur dirinya, mengatur aktifitasnya dengan
penuh kesadaran dan tanggung jawab.
Tanggung jawab Sebagai Mediator
guru pun menjadi perantara dalam hubungan antar manusia. Untuk keperluan itu
guru harus terampil mempergunakan pengetahuan tentang bagaimana orang
beriteraksi dan berkomunikasi. Tujuannya guru agar dapat menciptakan secara
maksimal kualitas lingkungan yang interaktif. Dalam hal ini ada tiga macam
kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru. Yaitu mendorong berlangsungnya tingkah
laku sosial yang baik, mengembangkan gaya interaksi pribadi, dan menumbuhkan
hubungan positif dengan para siswa.
Dengan
demikian, guru dapat mengetahui keberhasilan pencapaian tujuan, penguasaan
siswa terhadap pelajaran, serta ketepatan atau keefektifan metode
mengajar. Tujuan lain dari penilaian diantaranya ialah untuk mengetahui
kedudukan siswa didalam kelas atau kelompoknya.
(Dikutif dari berbagai sumber)
kasih telah mengunjungi Blog
kami..... salam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar